Tempat Wisata Premium Labuan Bajo

Tempat wisata Labuan Bajo kian menarik perhatian khayalak beberapa tahun terakhir. Ada yang mengatakan bahwa Labuan Bajo merupakan surga tersembunyi di ujung barat pulau Flores.

  1. 1. Letak tempat wisata Labuan Bajo
  2. 2. Sejarah Kota Labuan Bajo
  3. 3. Labuan Bajo pintu masuk Pulau Komodo
  4. 4. Keindahan tempat wisata Labuan Bajo
  5. 5. Wisata di pusat Kota Labuan Bajo
  6. 6. Berkunjung ke Labuan Bajo

Labuan Bajo memiliki tawaran wisata yang tak kunjung habis. Tidak heran, orang menghabiskan lebih banyak waktu liburan di Labuan Bajo. Sebelum menikmati itu semua, ada baiknya mengenal sedikit tempat wisata baru Labuan Bajo berikut ini.

1. Letak tempat wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo dikekembangkan sebagai destinasi superprioritas dan superpremium. Kota ini berada di ujung Barat Pulau Flores. Sejak dimekarkan dari kabupaten induk, Kabupaten Manggarai, Labuan Bajo dipilih sebagai ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat. Secara geografis kabupaten ini berada pada 8°14′ – 9°00′ LS dan 119°21′-120°30° BT dengan luas wilayah 2.947,50 Km2.

Kabupaten Manggarai Barat adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena letaknya berada di ujung barat, Labuan Bajo menjadi pintu masuk bagian barat Pulau Flores yang merupakan salah satu Pulau besar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota pariwisata internasional ini, menjadi gerbang untuk menikmati keindahan destinasi pariwista yang ada di sepanjang Pulau Flores.

2. Sejarah Kota Labuan Bajo

Kata Labuan Bajo merupakan diyakini sebagai gabungan dari kata ‘’labuhan’’, yaitu tempat berlabuh dan “bajo”, yaitu orang Bajo yang merupakan para nelayan. Labuan Bajo berarti tempat berlabuh bagi/dari orang Bajo. Kemudian, gabungan dua kata itu menjadi nama desa untuk tempat di mana orang Bajo dan Bugis berlabuh di ujung barat Pulau Flores.

Sebelum berkembang menjadi kota pariwisata internasional,  Labuan Bajo adalah ibu kota Kecamatan Komodo yang menjadi bagian dari Kabupaten Manggarai. Dalam perkembangannya, Labuan Bajo menjadi ibut kota dari kecamatan Komodo dan sejak awal pemekaran dari Kabupaten Manggarai, Labuan Bajo ditetapkan sebagai ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat.

Dunia pariwisata sebenarnya sudah mulai berkembang di Labuan Bajo pada tahun 1970-an terutama wisatawan datang untuk melihat hewan purba komodo atau ingin mejajali keindahan di sepanjang Pulau Flores. Pada masa itu, di Labuan Bajo hanya tersedia penginapan sederhana dengan fasilitas seadanya.

Ummnya, perjalanan wisatawan ditangani oleh operator pariwisata dari tempat lain dan kebanyakan wisatawan yang mampir di Labuan Bajo adalah turis backpacker. Labuan Bajo bukan menjadi tujuan utama wisatawan. Labuan Bajo hanya untuk persinggahan sebelum ke Pulau Komodo atau menjelajahi Pulau Flores.

Kini, Labuan Bajo telah menjadi tujuan utama wisatawan dan industri pariwisata berkembang pesat. Pengembangan destinasi pariwisata sangat intensif sejak ditetapkan sebagai destinasi superprioritas dan superpremium. Labuan Bajo tengah dikembangkan untuk destinasi wisata kelas dunia.

3. Labuan Bajo pintu masuk Pulau Komodo

Sebagian orang mengira bahwa Labuan Bajo berada di Pulau Komodo. Padahal, Labuan Bajo berada di Pulau Flores. Memang, Pulau Komodo tidak jauh dari Labuan Bajo dan untuk berkunjung ke Pulau Komodo umumnya melalui Labuan Bajo. Labuan Bajo menjadi pintu masuk untuk menikmati keindahan Taman Nasional Komodo yang berada di sebelah barat Kota Labuan Bajo.

Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980. Kemudian, Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Setidaknya, ada 4 fungsi dari Taman Nasional ini, antara lain sebagai tempat konservasi dan perlindungan komunitas hewan dan tumbuhan yang beragam yang ada dalam kawasan, tempat untuk menjamin kelangsungan hidup jangka panjang komodo beserta kualitas habitat hidupnya, tempat untuk kegiatan pendidikan dan penelitian dan pengembangan wisata alam dan selam yang berkelanjutan.

4. Keindahan tempat wisata Labuan Bajo

Destinasi wisata superpremium Labuan Bajo terutama dikenal dengan tawaran wisata alam. Sensai magis hewan purba komodo memikat banyak orang untuk berkunjung. Ada ribuan hewan komodo yang tersebar di beberapa pulau. Ketika mengunjungi Taman Nasional Komodo, pengunjung akan disuguhi aneka jenis flora dan faunal. Ada sekitar 277 spesies lain yang hidup di  dalam kawasan.

Selain keindahan pulau, destinasi superpremium Labuan bajo juga menawarkan pemandangan indah di bawah laut. taman nasional komodo juga menjadi tempat diving terbaik. Bakan taman ini menjadi jantung terumbu karang Asia Pasifik. Ada sekitar 253 spesies karang pembentuk terumbu karang dan 1000 sepesies ikan.

Selain hewan purba komodo dan wisata bahari, Labuan bajo juga memiliki pemandangan yang mengesankan. View Pulau Padar, lembutnya pasir di pantai pink adalah hal lain yang menjadi daya tarik Labuan Bajo. Masih banyak tawaran keindahan lain yang akan memanjakan wisatawan selama berada di Labuan Bajo.

5. Wisata di pusat Kota Labuan Bajo

Di Kota Labuan bajo sendiri, ada beberapa tempat wisata. Jika penasaran untuk melihat berkas cayaha dalam perut bumi, berkunjunglah ke gua Batu Cermin. Gua Batu Cermin menyuguhkan pemadangan yang indah yang terbentuk secara alami pada ribuan tahun silam. Di alam gua itu, cahaya masuk melalui rongga di puncak bukit yang terpancar bagaikan cermin.

Selain menikmati nuansa perut bumi, di Kota Labuan Bajo juga menawarkan pemandangan bukit yang layak dinikmati pada pagi dan senja hari.  Puncak Waringin yang telah dipoleh sedemikian indah adalah spot wisata untuk menikmati sunset di Labuan Bajo. Di tempat ini juga sudah dibangun berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung.

Selain puncak Waringin, ada bukit-bukit yang menjadi langganan wisatawan. Misalnya, bukit Amelia  dimana  dari ketinggian bukit ini pengunjung dapat melihat Labuan bajo. Atau, bukit Sivia juga menyuguhkan ketakjuban Labuan Bajo. Selain menawarkan keindahan, bukit-bukit ini sekaligus menawarkan sensasi pendakian menuju puncak yang pasti berbeda dari pendakian di tempat lain.

6. Berkunjung ke Labuan Bajo

Labuan Bajo kini menjadi destinasi yang ramai dikunjungi. Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan terus mengalami kenaikan. Labuan Bajo menjadi destinasi pilihan dengan beragam tawaran untuk melepas kepenantan dan sekaligus mendapatkan energi baru untuk berkarya.

Untuk menjangkau Labuan Bajo, wisatawan dapat melalui jalur transportasi udara, darat dan laut. Untuk Transporasi udara, Labuan Bajo memiliki bandara internasional. Untuk transportasi laut, Labuan bajo memiliki dua pelabuahan. Juga tersedia kapal penyeberangan untuk perjalanan darat dari dan ke Labuan Bajo melalui Nusa Tenggara Barat.

Untuk penginapan sudah tersedia dengan berbagai harga. Hotel-hotel terus bertumbuh dan jumlah kamar semakin banyak. Tidak heran, beberapa tahun terakhir beberapa kegiatan berskala internasional diselenggarakan di Labuan Bajo.

Di Labuan bajo juga tersedia wisata kuliner lokal yang perlu dicoba, seperti rebok, kompiang, sobol, dan lain-lain. Juga ada souvenir khas, seperti patung komodo atau kain songke dengan berbagai motif yang akan menjadi saksi dan sekaligus sebagai kenangan tentang liburan yang mengesankan di Labuan Bajo.

Semakin ramainya minat wisatawan ke Labuan Bajo tentu menjadi peluang untuk berbagai usaha wisata. Salah satunya adalah agen perjalanan. Agen perjalanan tentu sangat membantu untuk mengatur dan memudahkan perjalanan wisatawan. Meski demikian, wisatawa mesti selalu berhati-hati dan waspada dengan oknum yang menjual jasa wisata yang bohongan. Perlu berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan.

Leave a Comment