Peluang Menguasai Bahasa Jepang

Bahasa Jepang menantang untuk dipelajari. System penulisan bahasa Jepang memang berbeda dengan tulisan umumnya seperti yang digunakan oleh banyak bangsa lain di dunia. Meski demikian, Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang juga memiliki banyak penutur di dunia. Sekarang ini, penutur bahasa Jepang tidak kurang dari 128 juta jiwa.

Menguasai bahasa Jepang memberikan banyak peluang bagi Anda. Bisa saja, ada yang merasa tidak perlu. Tetapi, bagi yang lain kemampuan berbahasa Jepang itu menambah pengetahuan. Apalagi, dengan perkembangan dan kemajuan di berbagai bidang, Jepang menjadi penting untuk meraih impian di masa mendatang.

Setidaknya, beberapa hal berikut menjadikan penguasaan bahasa Jepang sebagai hal yang patut dimiliki oleh generasi sekarang dan mendatang.

1. Menjadi tujuan wisata dunia

Jepang merupakan merupakan salah satu satu tujuan wisata dunia. Bahkah, Forum Ekonomi Dunia (WEF) mengumumkan Jepang sebgai peringkat tertinggi dalam daftar tujuan wisata dalam laporan perjalanan dan pengembangan pariwisata 2021. Jepang mendapat peringkat tertinggi untuk sumber daya budaya dan dalam beberapa kategori infrakstruktur.

Memang, sebelum pandemi Jepang menjadi salah satu negara dengan perkembanga wisata yang pesat. Wisatawan Jepang ke Indonesia juga meningkat. Demikian juga, wisatawan Indonesia yang berlibur ke Jepang juga kian meningkat.  Banyak orang yang berbondong-bondong mengunjugi Jepang untuk menikmati pesosa wisata budaya yang ada di negeri Sakura tersebut.

2. Warisan budaya yang kuat

Sejarah dan budaya Jepang memiliki kisah yang panjang. Jepang memiliki banyak pesona budaya, budaya artistik yang kuat, gastronomi yang kaya serta warisan sejarah yang unitk. Jepang dan Indonesia memiliki ikatan sejarah yang tak bisa diabaikan.

Melalui bahasa, kita mengenal budaya suatu bangsa. Dengan belajar Bahasa Jepang, kita dapat mengenal bagaiman cara pandang dan cara hidup orang Jepang yang telah menjelam menjadi Negara maju tanpa mengorban budaya leluhur mereka.

3. Jepang adalah negara maju

Merujuk Kompas.com, negara maju adalah istilah umum untuk menyebut negara-negara dengan standard hidup yang layak dan perekonomian kuat di dunia dengan ciiri-ciri memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, menonjol dalam industrialisasi, basis ekspor yang bervariasi, dan mempunyai sektor keuanga yang terintegrasi.

Melansir IMF, Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia dan Asia. Dengan demikian, tidak dipungkiri memang jepang Jepang memiliki industri yang hebat dan memiliki perekonomian kuat di dunia. Menariknya, meskipun Jepang merupakan Negara yan gmemiliki industri maju di dunia, Jepang tetap mempertahankan dan menekankan unsur-unsur tradisional dalam berbagai bidang kehidupan.

4. Pendidikan maju dan peluang beasiswa

Jepang juga memiliki univeristas terkemuka di dunia. Banyak beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa. Sebagai salah satu Negara maju di dunia, kualitas pendidikan di Jepang tentu tidak diragukan lagi. Pemerintah Jepang dan Indonesia memberikan peluang beasiswa kepada banyak calon pelajar yang ingin belajar ke Jepang. Tentu saja, salah satu hal yang dipersiapakan adalah menguasai bahasa Jepang.

5. Tersedia peluang kerja

Jepang memiliki investasi besar di Indonesia. Banyaknya perusahan Jepang di Indonesia tentu memberikan peluang bagi pekerja. Apalagi, Jepang memang mengincar sumber daya manusia di Indonesia. Di pihak lain, minat karir di Jepang juga lagi meningkat.  

Dengan menguasai bahasa Jepang, Anda memiliki peluang untuk berkarir di Jepang atau perusahan Jepang yang ada di Indonesia. Anda bisa menjadi penerjemah atau pekerjaan lain sesuai dengan keahlian Anda.

Leave a Comment