Wisata Dunia Labuan Bajo, Flores

Photo of author

By UWA

Wisata dunia Labuan Bajo di Flores akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan. Berlimpahnya tempat wisata yang eksotis menjadikan Labuan Bajo sebagai surga tersembunyi di ujung barat Pulau Flores.

Perkembangan pariwisata di ujuang barat Pulau Flores tersebut kian masif satu dasawarsa terakhir. Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan terus mengalami kenaikan. Labuan Bajo, kian menghipnotis banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan dengan sejuta pesona wisata tiada akhir.

Labuan bajo memang telah ditetapkan sebagai satu destinasi superprioritas di Indonesia. Adapun keempat destinasi superprioritas yang lain adalah Danau Toba, Borobudur, Lombok dan Likupang. Sebelum ditetapkan sebagai destinasi superprioritas, Labuan bajo terpilih sebagai salah satu dari 10 destinasi Bali Baru.

Sebelum menikmati waktu liburan di Labuan Bajo, baiklah mengenal  sebentar tentang tempat wisata Labuan Bajo yang akan menawarkan kebahagiaan dunia kepada Anda yang hendak berwisata ke Labuan Bajo.

Atraksi wisata dunia Labuan Bajo

Banyak tawaran pilihan aktivitas wisata selama berada di Labuan Bajo. Beberapa di antaranya adalah trekking, menyaksikan keindahan alam, menikmati sunset dan sunrise, snorkelling, live on board selama beberapa hari untuk menikmasi berbagai keindahan alam yang ada dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo

Ada banyak spot wisata yang menarik dan kian ramai dikunjungi wisatawan. Destinani yang selalu menjadi incaran pengunjung, yaitu Taman Nasional Komodo. UNESCO menobatkan Taman Nasional Komodo sebagai warisan dunia yang diberikan pada tahun 1991. Dan, pada tahun 2011 Taman Nasional Komodo ditetapkan  sebagai  New 7 Wonder of Nature.

Dalam kawasan Taman Nasional Komodo, pengungjung dapat melihat dari dekat hewan purba, komodo. Bukan hanya komodo, pengunjung juga disuguhi aneka jenis flora dan faunal. Setidaknya terdapat 32 mamalia 128 burung dan 37 Reptip. Selain itu, juga ada 25 hewan darat dan burung. Bahkan, taman nasional yang sudah menjadi warisan dunia ini juga menjadi jantung terumbu karang Asia Pasifik. Ada sekitar 253 spesies karang pembentuk terumbu karang dan 1000 spesies ikan.

Pulau Padar

Masih dalam kawan Tanan Nasional Komodo, Pulau Padar menjadi destinasi yang menjadi incaran. Daya pikat Pulau Padar adalah gugusan bukit dan pantai. Ketika sudah berada di puncak Padar, pengunjung akan disuguhi panorama 3 teluk yang menawan  di pantai pulau tersebut. Pantai-pantai itu dihiasi butiran pasir warna-warni, yakni warna putih, hitam, dan pink.

Pulau ini memberi nuasa eksotis yang berbeda pada musim kemarau dan hujan. Pada musim hujan, hamparan hijau akan memanjakan mata pengunjung, Sedangkan pada musim kemarau, hamparan kecoklatan memberikan nuansa savana khas yang diapiti teluk dengan laut biru.

Bukit eksotis dalam Kota

Setelah puas dengan berbagai tawaran wisata dalam Kawasan Taman Nasional Komodo atau sebelum ke Taman Nasional Komodo, pengunjung dapat menikmati Sunrise atau Sunset di dalam kota Labuan Bajo. Ada beberapa spot wisata yang menjadi daya tarik wisatawan, seperti puncak waringin, bukit silvia, dan bukit cinta.

Wisata Budaya Manggarai

Bukan hanya wisata alam yang menjadi pesona Labuan Bajo. Pesona lain adalah wisata Budaya. Tidak jauh Labuan Bajo, pengungjung dapat mengenal kearifan cara hidup budaya masyarakat Labuan Bajo dengan mengunjungi kampung-kampung di Manggarai. Misalnya, d Liang Ndara, pengunjung dapat merasakan bagaimana masyarakat setempat menyambut tamu dengan unik. Juga, pengunjung dapat menyaksikan bagaima atraksi budaya seperti tarian caci.

Aksesibilitas wisata dunia Labuan Bajo

Labuan Bajo kini menjadi destinasi yang lagi ramai. Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan terus mengalami kenaikan. Labuan Bajo menjadi destinasi pilihan dengan beragam tawaran untuk melepas kepenantan dan sekaligus mendapatkan energy baru untuk terus berkarya.

Untuk menjangkau Labuan Bajo, wisatawan dapat melalui udara, darat dan laut. Untuk transportasi udara, Labuan Bajo memiliki bandara yang tengah dikembangkan menjadi bandara internasional, yaitu Bandara Komodo Labuan Bajo.

Sementara itu, untuk transportasi laut, Labuan Bajo memiliki dua pelabuhan. Juga tersedia kapal penyeberangan untuk perjalanan darat dari dan ke Labuan Bajo melalui Nusa Tenggara Barat, Bima, Sumbawa, Lombok, dan Bali

Fasilitas dan layanan pendukung

Labuan Bajo merupakan destinasi superpremium. Pemerintah bersama berbagai pihak swasta telah menghadirkan berbagai pelayanan yang memberikan kenyaman untuk wisatawan. Fasilitas pendudukung di Labuan Bajo sudah cukup memadai.

Hotel-Hotel semakin banyak dan tentu diikuti jumlah kamar juga semakin banyak. Tidak heran, beberapa tahun terakhir beberapa kegiatan berskala internasional diselenggarakan di kota pariwisawat ini. Untuk G-20 beberapa kegiatan juga dilaksanakan di Labuan Bajo. Untuk tahun depan, Asean Summit juga akan diselenggarakan di Labuan Bajo.

Untuk penginapan sudah tersedia dengan berbagai harga. Dilansir Kompas.com, (22/9/2021) ada 11 hotel bintang tiga hingga bintang lima dengan total kapasitas kamar sebanyak 848 kamar. Pada tahun 2022, jumlah kamar ditargetkan bertambah hingga 1500 kamar.

Tidak hanya penginapan dan transportasi, sektor keuangan juga siap untuk melayani wisatawan. Beberapa lembaga keuangan sudah membuka layanan di Labuan Bajo, seperti BRI, BNI, Mandiri dan BCA.  Demikian juga untuk memperlancar komunikasi dan bisa bekerja dari Labuan Bajo, jaringan telekomunikasi telah siap dengan kapapasitas dan kecepatan internet yang berkualitas.

Selain itu, perhatian terhadap UMKM juga meningkat. Pendampingan diarahkan untuk bisa menghasilkan produk yang sesuasi standard wisata superpremium. Labuan Bajo miliki souvenir khas, seperti patung komodo, atau kain songke dengan berbagai motif. Oleh-oleh khas Labuan Bajo juga sudah mulai banyak, seperti sambal kemasan khas Labuan Bajo, kompiang, kop, dan rebok khas Manggarai.

Leave a Comment